Friday, June 28, 2013

Teori Komputasi

Sebuah teori yang membahas tentang apa dan bagaimana suatu masalah dapat diselesaikan/dipecahkan pada model komputasi, menggunakan algoritma. Teori Komputasi merupakan cabang dari ilmu komputer dan matematika. Studi komputasi dilakukan para ilmuan komputer dengan ketat menggunakan model komputasi mesin Turin.

Teori komputasi diterapkan dalam berbagai bidang, antara lain Fisika, Kimia, Matematika, Ekonomi, Biologi, dan Geografi serta Geologi.

Bidang Fisika
Computational Physics (Fisika) – Mempelajari implementasi algoritma numerik untuk memecahkan permasalahan teori kuantitatif fisika yang sudah ada. Sering dianggap sebagai cabang menengah diantara fisika teoritis dan fisika eksperimental.

Bidang Kimia
Computational Chemistry (Kimia) – Merupakan salah satu cabang kimia yang menggunakan ilmu komputer untuk membantu menyelesaikan masalah kimia. Hal yang dipaparkan dari dari teori kimia digabungkan dengan program komputer yang handal untuk menghitung struktur dan sifat molekul.

Bidang Matematika
Contoh penggunaannya adalah program Mapple, dapat menyelesaikan banyak perhitingan yang ada pada bidang matematika,

Bidang Ekonomi
Computational Economics (Ekonomi) – Mempelajari titik pertemuan antara ekonomi dan komputasi. Area yang tercakup antara lain agent-based computational modeling, computational econometrics dan statistika, komputasi keuangan, pemrograman yang didesain khusus untuk komputasi ekonomi, dan pengembangan alat bantu dalam pendidikan komputasi ekonomi.

Bidang Ilmu Biologi
Merupakan penerapan berupa aplikasi dari teknologi informasi dan ilmu komputer terhadap bidang biologi molekuler.

Bidang Geografi dan Geologi
Dapat mengetahui prakiraan cuaca dan juga mendeteksi gempa yang ada.


sumber:
1

No comments:

Post a Comment